Tutorial instalasi Tensorflow

Sebelum melakukan instalasi, sebaiknya kita kenalan dulu dengan Tensorflow. Sesuai nasehat lama, tak kenal maka tak…? Tak ajak kenalan dulu dong biar jadi awal yang baik.. Syukur2 habis kenalan jadi makin dekat, cocok dan akhirnya berjodoh.. Hahaha.. Malah ngelantur.. Oke..

Apa itu Tensorflow?

Tensorflow adalah sebuah framework opensource untuk melakukan komputasi numerik menggunakan graph data flow. Framework ini dikembangkan oleh tim Google Brain untuk melakukan penelitian di bidang machine learning dan deep learning.

Tensorflow sudah banyak digunakan untuk membuat berbagai aplikasi kecerdasan buatan seperti RankBrain, Inception Image Classification Model, Smart Reply, dan lain lain. Peneliti juga banyak yang tertarik bermigrasi menggunakan Tensorflow untuk optimasi di bidang image recognition (pengenalan digit huruf, klasifikasi citra, segmentasi citra), natural processing language (NLP), robotik, autonomous vehicle, dan lain sebagainya. Saat tutorial ini ditulis, versi Tensorflow yang sudah dirilis adalah versi 1.3.

Cara Instalasi Tensorflow

Tensorflow bisa diinstall diberbagai sistem operasi seperti, Linux (Ubuntu), Mac OS X, dan Windows. Bahasa pemrograman utama yang digunakan dan didukung penuh oleh Tensorflow adalah Python. Namun, ada juga versi Tensorflow untuk bahasa pemrograman lain seperti, Java, Go, dan C. Selain sistem operasi dan bahasa pemrograman, tipe Tensorflow juga dibedakan berdasarkan resource komputasi yang digunakan: berdasarkan CPU saja atau mendukung penggunaan GPU.

Pada tutorial ini, instalasi Tensorflow hanya berfokus pada sistem operasi Windows, bahasa pemrograman Python dan resource komputasi CPU. Jika Anda ingin melakukan instalasi dengan kebutuhan yang berbeda, dapat membaca sendiri panduan instalasinya di web Tensorflow.

Cara Instalasi Tensorflow di Sistem Operasi Windows

Seperti yang pernah disebutkan sebelumnya, tutorial ini hanya akan berisi panduan instalasi Tensorflow di sistem operasi Windows dengan resource komputasi CPU dikarenakan laptop/komputer yang digunakan oleh penulis saat ini tidak memiliki NVDIA GPU. Versi Tensorflow ini merupakan versi yang paling mudah untuk diinstal. Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses instalasi berkisar antara 5 hingga 10 menit saja.

Instalasi menggunakan pip

Instalasi Tensorflow mengunakan pip adalah cara yang paling direkomendasikan. Program pip akan melakukan instalasi Tensorflow secara langsung ke dalam sistem tanpa memerlukan lingkungan virtual. Jika Anda sudah mengerti dan terbiasa menggunakan pip di lingkungan Python, proses instalasinya cukup sederhana hanya menggunakan satu baris perintah saja.

pip install namapaket

Tentu sebelum melakukan proses instalasi, mohon dipastikan bahwa sistem operasi Windows Anda sudah terinstal bahasa pemrograman Python. Jika belum, Anda dapat mengunduh dan melakukan instalasi Python dengan versi berikut:

Tensorflow mendukung versi Python 3.5.x dan 3.6.x pada sistem operasi Windows. Perlu dicatat bahwa instalasi Python versi 3 akan menyertakan program pip3 package manager yang akan Anda gunakan untuk melakukan instalasi Tensorflow.

Berikut adalah langkah-langkah instalasi Tensorflow menggunakan pip:

  1. Untuk memulai, buka command prompt
  2. Ketikkan dengan benar perintah berikut:
    pip3 install --upgrade tensorflow

    instalasi tensor flow
    instalasi tensor flow
  3. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Tensorflow sudah siap digunakan.
  4. Jika Anda mengalami masalah. Anda dapat mengecek kode kesalahan umum yang sering terjadi pada link ini.

Validasi instalasi Tensorflow

Setelah berhasil melakukan instalasi, sekarang saatnya untuk melakukan validasi untuk mengecek dan memastikan bahwa library Tensorflow sudah terpasanga dan dapat diaksed dengan baik dan benar.

Cara melakukan validasinya adalah sebagai berikut:

  1. Buka command prompt
  2. Ketikkan perintah python

    command prompt python
    command prompt python
  3. Masukkan perintah-perintah bahasa pemrograman Python berikut:
    >>> import tensorflow as tf
    
    >>> hello = tf.constant('Hello, TensorFlow!')
    
    >>> sess = tf.Session()
    
    >>> print(sess.run(hello))
  4. Jika sistem mengeluarkan hasil seperti berikut, maka Anda sudah siap untuk memulai menulis program menggunakan Tensorflow.
    Hello, Tensorflow!
validasi instalasi Tensorflow berhasil
validasi instalasi Tensorflow berhasil

Selanjutnya apa ya? Mulai tertarik dengan Tensorflow? Nantikan seri tutorial lain mengenai penggunaan Tensorflow di IGG (Institut Geoinformatik Gendul).. đŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *